Sejarah

Sejarah Internet di Indonesia

Sejarah Internet di Indonesia

sejarah internet indonesia

SahabaTekno.com Tulisan ini diambil dengan sedikit editing dari site pribadi Dr. Onno W. Purbo pakar internet Indonesia dan Pak Purbo merupakan salah satu pendiri internet Indonesia dan Pak Onno merupakan pembimbing, mitra kerja dan narasumber penulis dalam hal perkembangan teknologi informasi. Penulis sengaja tidak banyak melakukan editing tulisan masalah sejarah internet di Indonesia, hal ini berkaitan dengan riginalitas informasi.

Di tahun 1986-1987-an awal jaringan perkembangan jaringan paket radio di Indonesia Robby YB1BG juga merupakan pionir dikalangan amatir radio Indonesia yang mengaitkan jaringan amatir Bulletin Board System (BBS) yang merupakan jaringan email store and forward yang mengaitkan banyak "server" BBS amatir radio seluruh dunia agar e-mail dapat berjalan dengan lancar. Di awal tahun 1990-an Onno W. Purbo YC1DAV/VE3 waktu berada di Canada melakukan komunikasi dengan rekan-rekan amatir radio di indonesia dilakukan melalui jaringan radio tersebut, Dengan peralatan PC/XT dan walkie talkie 2 meteran, komunikasi antar Indonesia Canada terus dilakukan dengan lancar melalui jaringan amatir radio.

Pada Waktu itu diawal tahun 1990-an jaringan internet di Indonesia lebih dikenal dengan paguyuban network. Nama-nama seperti RMS Ibrahim, Suryono, Adi Soemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Idrayanto merupakan beberapa nama legendaris diawal pembangunan internet di Indonesia. Modal utama adalah semangat kerja sama, kekeluargaan dan gotong royong dangat hangat dan terasa di antara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana Internet Indonesia hari ini yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktifitasnya terutama yang melibatkan perdagangan internet.

RMS Ibrahim merupakan motor dibalik operasionalnya Internet di UI, beliau pernah menjadi operator yang menjalankan gateway ke internet dari UI yang merupakan bagian dari jaringan Universitas di Indonesia UNINET. Protokol UUCP yang lebih sederhana daripada TCP/IP terutama digunakan untuk menstransfer e-mail dan newsgroup. RMS Ibrahim juga merupakan pemegang utama Country Code Top Level Domain (ccTLD) yang dikemudian hari dikenal sebagai IDNIC (http://www.idnic.net.id).

RMS Ibrahim

Sosok RMS Ibrahim.

Muhammad Ihsan adalah staff peneliti di LAPAN Ranca Bungur tidak jauh dari Bogor yang diaal tahun 1990-an didukung oleh kepalanya ibu Adriyanti dalam kerja dama dengan DLR (NASA-nya Jerman) mencoba mengembangkan jaringan komputer menggunakan teknologi paket radio pada band 70 cm dan 2 m. Jaringan tersebut dikenal dengan JASIPAKTA dengan dukungan DLR Jerman. Protokol TCP/IP dioperasikan diatas protokolvAX.25 pada insfrastruktur. Muhammad Ihsan ini yang mengoperasikan relay penghubung antara ITB di Bandung dengan gateway internet yang ada di BPPT.

Pak Firman Siregar merupakan salah satu motor di BPPT yang mengoperasikan gateway packet radio bekerja pada band 70 cm. PC 386 sederhana menjalankan program NOS di atas sistem operasi DOS digunakan sebagai gateway packet radio TCP/IP.  IPTEKNET masih berada di tahapan sngat awal perkembanganya saluran komunikasi ke internet masih menggunakan X.25 melalui jaringan SKDP terkait pada gateway di DLR Jerman.

Bapak Putu sebuah nama yang melekat dengan perkembangan PUSDATA DEPRIN waktu masa kepemimpinan Pak Tungki Ariwibowo menjalankan BBS pusdata.dprin.go.id. Di masa awal perkembangan BBS Pak Putu sangat bewrjasa dalam membangun pengguna e-mail khususnya di Jakarta Pak Putu sangat beruntung mempunyai mentri Pak Tungki yang "maniak" IT dan yang mengesankan dari Pak Tungki beliau akan menjawab e-mail sendiri.

Suryono Adi Soemarta N5SNN di akhir 1992 kembali ke Indonesia, kesempatan tersebut tidak dilewatkan oleh anggota amatir radio Club ARC ITB seperti Basuki Suhardiman, Aulia K. Arief, Arman Hazairin didukung oleh Andri Indrayanto untuk mencoba mengembangkan gateway packet radio di ITB. Berawal semangat dan bermodalkan PC 286 bekas barangkali ITB merupakan lembaga yang paling miskin yang nekad untuk berkiprah di jaringan Paguyuban.net.

About Ray

2 komentar:

  1. Informatif bget gan artikelnya..
    msih ingat dulu pertama knal internet, situs pertama yg dibuka, lalat[dot] com... :v

    BalasHapus
  2. perkembangan internet sangatllah cepat yaa dari dulu sampai sekarang. bagus tuh buat informasi

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.