Pengertian Situs WEB

pengertian web

SahabaTekno.com - Situs web (web site) awalnya merupakan suatu layanan sajian informasi yang menggunakan konsep hyperlink, yang memudahkan surfer (sebutan bagi pemakai komputer yang melakuka penulusuran informasi di internet) untuk mendapatkan informasi, dengan cukup mengkilik suatu link berupa teks atau gambar, maka informasi dari teks atau gambar akan ditampilkan secara lebih rinci (detail).

Informasi yang disajikan dalam halaman web menggunakan konsep multimedia, informasi dapat disajikan dengan menggunakan banyak media (teks, gambar, animasi, suara dan film). Dalam suatu halaman web, informasi akan disajikan dalam kombinasi media teks, gambar, animasi, suara, dan film; semuanya dapat disajikan dalam suatu halaman.

Web cepat sekali populer di lingkungan pengguna internet, karena kemudian yang diberikan kepada pengguna internet untuk melakukan penelusuran, penjelajahan, dan pencarian informasi (dikenal dengan istilah surfing internet).

Latar Belakang

Mengelola suatu web dapat dikatakan mudah karena isi atau informasi dari setiap situs web secara mendasar dapat dibuat dengan menggunakan editor teks atau word prossesor, seperti microsoft word dari Open office.

Akan tetapi kemudahan ini harus juga dibarengi dengan proses yang cukup panjang; setiap perubahan harus dilakukan dengan memiliki setiap halaman informasi dari situs web harus dibuat dan dipelihara agar tetap baru atau mutakhir (up to date) isinya, dengan menggunakan editor teks atau word prosesor.

Proses update informasi dari situs web yang menggunakan HTML saja, mengharuskan pengguna menggunakan FTP untuk melakukan unduh (download) dan unggah (upload) halaman web, agar halaman web yang tersaji di situs web menjadi mutakhir.

Suatu situs web akan dikenal dengan cepat apabila informasi yang disajikan selalu up to date dan lengkap. Tetapi ke updatan dan kelengkapan data merupakan masalah besar bagi pengelola situs karena kerepotan untuk melakukan penrubahan atau pengembangan data yang akan disajikan; apabila kita membangun situs web dengan menggunakan dokumen HTML murni.

Diagram situs web

Diagram diatas merupakan penyederhanaan proses permintaan halaman web dari browser kepada suatu web server. Setiap permintaan (request) dari browser web akan dilayani oleh server web, sever web akan mengambil dokumen HTML, dari hardisk server kemudian memberikan kepada browser web sebagai response.

Blok diagram bagian menunjukan proses kerja bagaimana server web melayani permintaan dari browser web. Pada bagian bawah dari bagian di atas menunjukan , pengelola server web akan melakukan proses unggah (upload) dokumen HTML terlebih dahulu, agar dokumen tersedia dalam server web dan dapat diberikan kepada browser yang meminta.

Pengelola dapat melakukan pengunduhan (download) dokumen HTML untuk diperbaiki, jika salinan dokumen di lokal komputer sudah tidak ada, untuk kemudian diunggah kembali, agar dapat diakses oleh pengunjung situs web. Jika situs tidak dirancang dengan sistematis, maka akan terjadi kesulitan dan kerepotan untuk melakukan maintance untuk mengupdate dan melengkapi data; seperti yang digambarkan pada diagram diatas.

About Ray

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.