Pengantar Teknologi Informasi

Pengertian Teknologi Informasi

Pengertian Teknologi Informasi

teknologi informasi

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan teknologi informasi? Apakah teknologi informasi itu identik dengan komputer? Apakah benar telefon juga merupakan bagian teknologi informasi? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini sering dilontarkan dan untuk menemukan jawabanya kita perlu memahami pengertian teknologi informasi itu sendiri.

Teknologi informasi (information teknologi) biasa disebut TI, IT atau infotech. Berbagai definisi tentang informasi diberikan pada tabel 1.1 dengan maksud agar dapat memberikan gambaran lebih lanjut tentang teknologi informasi.


Dari definisi yang tercantum pada Tabel 1.1. Terlihat bahwa teknologi infomasi baik secara imflisit maupun eksplisit tidak sekedar berupa teknologi komputer, tetapi juga mencakup teknologi telekomunikasi. Dengan kata lain ,yang disebut teknologi informasi adalah gabungan antar teknologi komputer dan teknologi komunikasi.

Penjelasan atas dua teknologi yang mendasari teknologi informasi adalah sebagai berikut.

Teknologi Komputer
Teknologi komputer adalah teknologi yang berhubungan dengan komputer, termasuk peralatan-peralatan yang berhubungan dengan komputer seperti printer, pembaca sidik jari, dan bahkan CD-ROM. Komputer adalah mesin serbaguna yang dapat dikontrol oleh program, digunakan untuk mengolah kata untuk informasi. Program adalah deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga komputer dapat melakukan tindakan yang sesuai yang dikehendaki pembuatnya. Data adalah bahan mentah bagi komputer yang dapat berupa angka maupun gambar, sedangkan informasi adalah bentuk data yang telah diolah sehingga dapat menjadi bahan yang berguna untuk pengambilan keputusan.



Teknologi Informasi
Teknologi telekomunikasi atau biasa juga disebut teknologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Termasuk dalam kategori teknologi ini adalah telefon, radio, dan televisi.


Perlu diperhatikan bahwa komputer tidah harus berupa PC yang anda jumpai dirumah atau kantor, tetapi juga bisa berupa peralatan-peralatan yang lain seperti mesin pembuat kopi, oven mikro- gelombang (microwafe), remote untuk TV, televisi, ponsel, dan CD Player. Peralatan-peralatan seperti itu pada masa kini bergantung pada komputer dalam bentuk cip (chip) yang disebut mikrorocesor.

Mengingat keadaan seperti itu, banyak yang berpendapat bahwa istilah komputer kurag tepat. Komputer tidak sekedar untuk melakukan komputasi yang seperti tersirat dalam namanya. Sebagaimana dikatakan oleh John Von Neumann, pelopor teknologi komputer, bahwa yang disebut komputer itu seharusnya tidak dinamakan seperti itu, tetapi lebih tepat kalau dipanggil 'mesin serbaguna' (William dan Sawyer, 2003, hal 7).

Dari pembicaraan didepan bahwa tersirat teknologi informasi tidak harus secara spesifik berupa komputer yang terhubung ke komputer lain melalui alat telekomunikasi, tetapi juga dapat berupa peranti seperti ponsel atau peralatan elektronika lain yang berhubungan dengan penyajian informasi (misalnya televisi). Hal yang terpenting adalah bahwa teknologi informasi itu melibatkan komputer dan telekomunikasi.

About Ray

3 komentar:

  1. Rasanya berarti teknologi informasi tidak akan bisa berjalan tanpa adanya komputer

    BalasHapus
  2. beginilah zaman sekarang, tidak lepas dengan teknologi.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.