Pengantar Teknologi Informasi

Peranan Teknologi Informasi

Peranan Teknologi Informasi


Peranan teknologi informasi pada masa sekarang tidak hanya untuk diperuntukan hanya untuk organisasi, melainkan juga kebutuhan untuk perseorangan.Bagi organisasi, teknologi informasi digunakan untuk mencapai keunggulan kompetitif, sedangkan bagi perseorangan maka teknologi ini dapat digunakan untuk mencapai keunggulan pribadi, termasuk untuk mencari pekerjaan.

Teknologi informasi bisa dikatakan telah merasuki ke segala bidang dan ke berbagai lapisan masyarakat. Pada masa sekarang ponsel dengan kemampuan informasi  dari internet telah menjadi barang yang biasa dipakai orang untuk berkomunikasi, yang menjadikan jarak menjadi tak terasa. Orang menjadi terbiasa menjadi surat elektronis (email) dan menjauhi penggunaan surat konvesional yang menggunakan kertas. Orang lebih suka menggunakan program-program pengolah kata untuk membuat dokumen daripada memakai mesin ketik biasa.

Banyak hal yang terjadi seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Beberapa diantaranya akan disajikan untuk memberikan gambaran lebih jauh.

1. TI Dalam Dunia Perbankan

Teknologi informasi ikut mewarnai dunia perbankan. Kehadiran sistem online yang ditangani oleh teknologi komputer dan teknologi komunikasi memungkinkan nasabah mengambil uang dari kantor cabang dari bank yang sama yang berada dimana saja. Pada perkembangan selanjutnya, sistem seperti ini juga dilengkapi dengan mesin-mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri atau Automattic Teller Machine), yang memungkinkan nasabah mengambil uang tanpa harus tergantung oleh jam kerja bank. Ekspansi ATM juga dilakukan dengan membuat ATM bersama yang memungkinkan nasabah sebuah bank bisa mengambil uang di ATM bank lain.


Contoh situs bank yang menyelenggarakan transaksi melalui internet.

Masih banyak aplikasi lain dalam dunia perbankan yang memanfaatkan teknologi informasi. Beberapa bank memperkenalkan layanan yang disebut layanan bergerak, yang memungkinkan layanan mengecek saldo tabungan ataupun melalkukan transaksi seperti pemindah bukuan melalui ponsel.

2. TI Dalam Dunia Pendidikan

Teknologi informasi juga dapat melahirkan fitur-fitur baru dalam dunia pendidikan. Sistem pengajaran berbasis multimedia (teknologi yang melibatkan teks, gambar, suara, dan video) dapat menyajikan materi pelajaran yang lebih menarik, tidak menonton, dan memudahkan penyampaian. Murid atau mahasiswa dapat mempelajari materi tertentu secara mandiri dengan menggunakan komputer yang dilengkapi program yang berbasis multimedia. Kini telah banyak perangkat lunak yang tergolong sebagai edutainment yang merupakan perpaduan antara education (pendidikan) dan entertainment (hiburan).


Contoh perangkat lunak edutainment dari Ditjen Dikdas, memungkinkan siswa mendata tentang pelajaran atau nilai mereka disana.

Teknologi internet ikut berperan dalam menciptakan e-learning atau pendidikan jarak jauh. Kuliah tidak lagi diharuskan dengan suasana kelas dimana mahasiswa dan dosen bertemu. Kuliah dapat dilaksanakan dengan mengakses modul-modul kuliah dari jarak jauh. Begitu pula untuk pengiriman tugas dan berdiskusi. Para mahasiswa dengan leluasa dapat mengatur waktu untuk belajar, kapan saja dan dimana saja.

3. TI Dalam Dunia Medis

Teknologi informasi juga diaplikasikan pada bidang medis. Banyak rumah sakit yang menggunakan sistem informasi untuk menangani transaksi yang berhubungan dengan karyawan, juru medis, dan pasien. sebagai contoh, sistem informasi digunakan untuk mencatat rekaman medis pasien secara elektronis. Sistem informasi terkadang diperluas tidak hanya untuk pemakai internal, melainkan juga untuk pemakai untuk pemakai eksternal (pengunjung). Untuk mencari informasi tentang seorang pasien , pengunjung dapat berinteraksi secara langsung dengan terminal yang disediakan untuk keperluan itu. Dengan megetikan sepenggal nam, sistem informasi akan segera menyajikan informasi tentang pasien yang memenuhi kriteria pencarian.


Contoh hasil scanner memperlihatkan bagian tulang dalam tubuh.

Mycin merupakan contoh sistem pakar yang digunakan untuk membantu juru medis mendiagnosis penyakit darah yang cepat menular dan kemudian dapat kemudian dapat memberikan saran berupa penggunaan antibiotik yang sesuai. Sistem ini telah diterapkan di stanford Medical Center semenjak tahun 1979. Sistem pakar adalah perangkat lunak yang ditujukan untuk meniru keahlian sesorang dalam bidang tertentu.

4. TI Dalam Bidang Kepolisian

Kepolisian menggunakan teknologi informasi untuk melakukan aktivitas. Contoh yang umum adalah pemanfaatan teknologi informasi untuk membuat SIM (Surat Izin Mengemudi). Dengan menggunakan teknologi informasi, yang melibatkan komputer, kamera digital, perekam sidik jari, dan pencetak kartu SIM, dimungkinkan untuk membuat SIm hanya dalam waktu singkat.


Contoh sistem pencarian seseorang melalui sidik jari.

Teknologi pengenal wajah (face recognition) dapat digunakan untuk mengenali wajah-wajah para pelaku tindak kriminal yang telah tersimpan dalam basis  data didasarkan oleh suatu sketsa wajah atau foto. Departemen kepolisian di California menggunakan basis data yang disebut Law Enforcement Automated Data system (LEADS) untuk melacak para mantan napi dan mencocokan dengan cepat terhadap foto tersangka.

5. TI Untuk Perdagangan Elektronik

E-commerce merupakan model perdagangan yang lahir berkat kemajuan internet. Melalui jaringan raksasa ini, secara elektronis telah menjadi pilihan yang menarik bagi organisasi dan perorangan. Organisasi bisnis dapat menyediakan situs Web untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan dan memberikan fasilitas untuk melaksanakan transaksi. Konsumen dapat melakukan transaksi cukup menggunakan komputer, tanpa harus bertemu langsung dengan pihak penjual. Pembayaran bisa dilakukan melalui kartu VISA atau semacam itu. Amazon.com merupakan contoh pelopor bisnis penjualan buku secara online, kini tidak hanya buku yang bisa dibeli secara online, melainkan juga produk-produk seperti komputer, peralatan jaringan, dan sampai biji tanaman.


Amazon.com, perintis penjualan buku secara online.

6. TI Untuk Perancangan Produk

Merancang produk dengan teknologi informasi merupakan sesuatu yang telah umum dilakukan Dengan menggunakan perangkat lunak yang bernama CATIA (Computer-Aided Three-Dimensional Interctve Application) buatan dasault system, Prancis, pabrikan dapat merancang mobil atau pesawat terbang tanpa kertas. Dodge dan Daimler Chrysler merupakan contoh perusahaan yang mengandalkan perangkat lunak ini untuk mewujudkan desain mobil beserta  komponen-komponenya dan bahkan untuk menguji (O'Brien, 2001). Boeing Company,industri pesawat terbang di Amerika, juga menggunakan CATIA untuk merancang pesawat terbang.

Para perancang rumah dapat menggunakan perangkat lunak yang khusus untuk ditujukan untuk keperluan itu, misalnya 3D home Architecture. Dengan program seperti ini, perancang dapat membuat tata letak, ruangan dan kemudian melihat hasilnya dalam bentuk tiga dimensi.


Contoh desain rumah pada 3D Home Architect.


About Ray

3 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.