Perangkat Keras Jaringan Komputer

Perangkat Keras Jaringan Komputer


Perangkat Keras Jaringan

Banyaknya jaringan didunia ini, seringkali dengan perangkat keras dan perangkat lunak berbeda-beda. Keinginan kebanyakan orang adalah menggabungkan seluruh jaringan yang ada di dunia ini, sehingga hubungan komunikasi antar komunikasi antar komputer akan mudah dipenuhi. Jawaban ini semua adalah dengan internet work atau internet, yang merupakan kumpulan jaringan yang saling terinkorneksi, jika sistem yang dikoneksikan tidak kompetible maka diperlukan mesin gateway untuk keperluan penerjemahan guna menyampaikan paket yang diterima.

Dua Klasifikasi terpenting yaitu :

1. Teknologi Transmisi

Jaringan Broadcast
Memiliki saluran komunikasi tunggal yang dipakai bersama-sama oleh semua mesin yang ada pada jaringan. Pengiriman pesan antar mesin berbentuk paket, field addres pada sebuah paket isinya keterangan tentang kepada siapa paket tersebut ditujukan. Jadi saat menerima packet, mesin akan mengecek field addresnya. jika ditujukan dirimya maka akan direspon, jika bukan akan diabaikan. (umumnya dipergunakan untuk jaringa kecil).

Jaringan Point-To-Point
Kondisi sebaliknya, jaringan point-to-point terdiri dari beberapa hubungan pasangan individu dari mesin-mesin. Untuk pergi sumber untuk ke tuuan diperlukan route yang mungkin banyak dan berbeda-beda jaraknya, karena itu algoritma penting berperan penting. (umunya dipergunakan untuk jaringan besar atau kompleks).

2. Jarak

Data Flow Machine
Kompuer-komputer paralel yang memiliki bebrapa unit fungsi yang melalui bus pendek dan sangat cepat

Multicomputer
Sistem yang berkomunikasi dengan cara mengirim pesan-pesan melalui bus pendek dan sangat cepat.

Local Area Network (LAN)
Merupakan jaringan sejati (true network), mili pribadi. Umumnya menghubungkan PC ke workstation dikantor, dengan tujuan pemakai resource sharing (mis. printer). Dapat dibedakan menjadi tiga karakteristik yaitu, teknologi transmini topologinya.


Model LAN

Model LAN.


Metropolitan Area Network (MAN)
Merupakan jaringan sejati (true networl), merupakan versi dari LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN. MAN mampu menunjang data dan suara, dan bahkan berhubungan dengan jaringan televisi kabel. MAN memiliki satu atau dua buah kabel dan tidak mempunyai elemen switching.


Model MAN.

Wide Area Network (WAN)
Merupakan jaringan sejati (true network), mencakup daerah geografis yang luas, dapat mencapai negara, benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program pemakai.


Model WAN.

Mesin-mesin biasa disebut Host, Host dihubungkan dengan sebuah subnet komunikasi (subnet). Tugas subnet membawa pesan dari satu host ke host lainya, subnet terdiri komponen utama : kabel transmisi dan elemen switching. Kabel transmisi sirkuit, kanal, trunk yang memisahkan bit0bit dari suatu mesin ke mesin lainnya. Element switching (router) komputer khusus yang dipakai untuk menghubungkan dua kabel transmisi atau lebih, saat menerima pesan router harus memilih jalur kabel yang mana unuk meneruskan pesanya. Topologi subnet untuk teknologi transmisi point-to-point dapat berupa : Bintang (star), Cincin (Ring), Pohon (Tree), Lengkap (Complete), Cincin berinteraksii (Interestink ring), Sembarang (Iregullar).

About Ray

4 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.