Pengantar Teknologi Informasi

Pengelompokan Teknologi Informasi

Pengelompokan Teknologi Informasi


Telah diketahui bahwa teknologi informasi mencakup teknologi komputer dan teknologi informasi. Lebih rinci, teknologi informasi dapat dikelompoan menjadi 6 teknologi, yakni teknologi komunikasi, teknologi masukan, teknologi keluaran, teknologi perangkat lunak, teknologi penyimpan, dan teknologi pemroses.

1. Teknologi Masukan

Teknologi masukan (input teknologi) adalah teknologi yang berhubungan dengan peralatan untuk memasukan data kedalam sistem komputer. yang lazim dijumpai dalam sistem komputer. Peranti masukan yang lazim dijumpai dalam sistem komputer berupa keyboard dan mouse.

2. Mesin Pemroses

Mesin pemroses (prosesing machine) lebih dikenal dengan sebutan CPU (Central Processing Unit), mikroprosesor, atau prosesor. Contoh prosesor yang terkenal saat ini, antara lain adalah Intel i7 dan Power PC. Sesuai dengan namanya CPU merupakan bagian dalam sistem komputer yang menjadi pusat pengolah data dengan cara menjalankan program yang mengatur pola tersebut.


3. Teknologi Penyimpan

Teknologi penyimpan dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu memori internal dan penyimpanan eksternal. 
Memori internal (biasa juga disebut main memory atau memori utama) berfungsi sebagai pengingat sementara baik bagi data, program, maupun informasi ketika proses pengolahanya dildilaksanakan oleh CPU. Dua contoh memori internal yaitu ROM dan RAM. ROM (Read Only Memory) adalah memori yang hanya bisa dibaca, sedangkan RAM (Random Acces Memory) adalah memori yang isinya bisa diperbaharui 

Penyimpanan eksternal (external sorage) dikenal juga dengan sebutan penyimpanan sekunder. Penyimpanan eksternal adalah segala peranti yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen. Pengertian permanen disini berarti bahwa data yang terdapat pada yang terdapat pada penyimpanan akan tetap terpelihara dengan baik sekalipun komputer sudah dalam keadaan mati (tidak mendapat aliran listrik). Har disk dan disket merupakan contoh penyimpan eksternal.

4. Teknologi Keluaran

Teknologi keluaran (output teknology) adalah teknologi yang berhubungan dengan segala peranti yang berfungsi untuk menyajikan informasi hasil pengolahan sistem. Layar atau monitor dan printer merupakan peranti yang biasa digunakan sebagai peranti keluaran.

5. Teknologi Perangkat Lunak

Perangkat lunak (Software) atau dikenal juga dengan sebutan program adalah deretan indtrukdi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga komputer dapat melakukan tindakan yang dikehendaki pembuatnya. Tentu saja untuk mengerjakan tugas yang berbeda diperlukan pula perangkat lunak tersendiri. Sebagai contoh, Microsoft Word merupakan contoh peragkat lunak pengolah kata, yaitu perangkat lunak yang berguna untuk membuat dokumen, sedangkan Adobe Photoshop adalah perangkat lunak yang berguna untuk mengolah gambar.

About Ray

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.