PHP

Pengertian PHP dan Penjelasanya

BELAJAR PHP

SahabaTekno.comPHP merupakan secara umum dikenal sebagai bahasa pemrograman script-scrip yang membuat dokumen HTML secara on the fly yang dieksekusi di server web, dokumen HTML yang dihasilkan dari suatu aplikasi bukan HTML yang dibuat dengan editor teks atau editor HTML. dikenal juga sebagai bahasa pemrograman servis side.

Dengan menggunakan PHP maka maintance suatu situs web menjadi lebih mudah. Proses update data dapat dilakukan dengan aplikasi yang dibuat dengan menggunakan script PHP. PHP/FI merupakan nama awal dari PHP. PHP-personal home page, FI adalah Form Interface. Dibuat pertama kali oleh Rasmus Lerdoff. PHP, awalnya merupakan program CGI yang dikhusukan untuk menerima input melalui form yang ditampilkan dalam browser web. Software ini disebarkan dan disensikan sebagai perangkat lunak open source.

Integrasi PHP dengan server web dilakukan dengan teknik CGI, FastCGI, dan modul server web. Teknik CGI dan FastCGI memisahkan antara server web dan PHP; sedangkan modul server web menjadi PHP sebagai bagian dari server web.

Kini PHP adalah kependekan dari PHP:Hypertekt Preproccesor (rekursip, mengikut gaya penamaan di *nix), merupakan bahasa utama script server-side yang disisipkan pada HTML yang dijalankan di server, dan juga bisa digunakan untuk membuat aplikasi dekstop.

CGI, FastCGI, dan Modul Server Web

CGI (Common Gateway Interface) adalah suatu standar yang menghubungkan (interface) aplikasi eksternal dengan server web.

PHP merupakan aplikasi eksternal yang bisa digunakan server web, sehingga serve web tidak sekedar memberikan layanan dokumen HTML saja; tetapi bisa juga menjadi program yang menerima masukan dari luar dan memberikan luaran yang berasal dari database ataupun sumber data lainya menjadi dokumen HTML.

FastCGI merupakan standar baru yang menambah dan meningkatkan kemampuan dari program CGI. FastCGI merupakan standar terbuka yang telah mulai banyak digunakan oleh server web komersial dan opensource.

CGI akan dieksekusi setiap kali program CGI dipanggil, jika telah selesai dieksekusi, maka CGI langsung dihapus dari memori. FastCGI akan terus berada didalam CGI, sampai ad perintah secara ekspilisit untuk menutup atau menghentikan programnya; shingga FastCGI akan cepat melayani suatu permintaan. Dan salah satu keunggulan dari FastCGI adalah, FastCGI bisa berada pada komputer yang berbeda dengan server webnya. CGI harus disimpan pada komputer yang sama server webnya.

Kemampuan PHP

PHP secara mendasar dapat mengerjakan semua yang dapat dikerjakan oleh program CGI (Common Gateway Interface), seperti mendapatkan data dari form, menghasilkan isi halaman web yang dinamik, dan menerima cookies. CGi adalah spesifikasi standar modul yang ditambahakn kepada server web, agar server web dapat memiliki kemampuan untuk dapat memberikan layanan yang interaktif, tidak sekedar melayani permintaan dokumen web(HTML) saja.

PHP telah dikembangkan juga sebagai bahasa pemrograman script yang dapat dijalankan diatas platform sistem informasi secara langsung; atau bahasa pemrograman shell atau jika dilingkungan *nix Linux. PHP juga dapat digunakana untuk membuat program tidak harus mempelajari bahasa pemrograman lain, untuk membuat aplikasi dekstop, karena PHP juga telah dapat digunakan dan dieksekusi dari dekstop. PHP CLI (Comman Line Interface) adalah istilah untuk PHP yang dapat dieksekusi dari sistem operasi.

Sejarah Singkat PHP

PHP pertama kali dibuat pada musim gugur tahun 1994 oleh Rasmus Lerdoff, awalnya digunakan pada web sitenya untuk mencatat siapa saja yang berkunjung dan melihat biodatanya. Versi pertama yang di release pada awal tahun 1995, dikenal sebagai tool personal Home Page, yang terdiri atas engine parser yang sangat sederhana yang mengerti beberapa makro khusus dan sejumlah utilitas yang sering digunakan pada halaman web, seperti buku tamu, counter pengunjung, dan lainnya. Parser diprogram ulang pada pertengahan 1995 dan diberi nama PHP/FI versi 2.0. FI berasal dari paket Rasmus lainya yang ditulis untuk menginterprestasi data dari form, yang kemudian dikombinasikan dengan tool personal Home Page dan ditambahkan dukungan untuk database Mysql (mini SQL).

Tahun 1995 ini dianggap sebagai tahun kelahiran dari PHP,FI. yang kemudian membuat pertumbuhan aplikasi web yang sangat pesat, dan banyak orang kemudian berkontribusi mengembangkan PHP/FI. Sulit untuk mendapatkan stasistik yang tepat untuk memperkirakan pengguna PHP/FI, tetapi diperkirakan pada akhir 1996 telah digunakan oleh sedikitnya 15000 web site diseluruh dunia. Dan pertengahan 1997 mencapai 50000 situs, dan setiap tahunnya akan meningkat.

About Ray

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.