Pengantar Teknologi Informasi

Pengertian Sistem Komputer

Pengertian Sistem Komputer

komputer

Komputer merupakan peralatan elektronis yang biasa dipakai orang unruk membantu pelaksanaan pekerjaan. Sebagai contoh, mahasiswa menggunakan program statistik seperti SPSS untuk mengolah hasil penelitian dan sekertaris menggunakan pengolah kata seperti Microsoft Word atau open Office Writer untuk membuat surat dan dokumen.

Istilah sistem komputer kerap pula dijumpai. Sistem Komputer beararti kombinasi komponen yang dipakai untuk memproses data dengan menggunakan kompuer. Komponen-komponen yang dimaksud dapat berupa perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).

  • Perangkat keras berupa peranti-peranti yang terlihat secara fisik.Termasuk dalam kelompok ini adalah monitor, keyboard, mouse, dan printer.
  • Perangkat lunak berupa instruksi-instruksi yang ditujukan kepada komputer agar komputer dapat melaksanakan tugas dengan kehendak pemakai. OpenOffice Writer dan SPSS adalah contoh perangkat lunak. Contoh yang lain adalah sistem operasi, misalnya Linux, Unix, dan Windows. Sejatinya, keberadaan perangkat lunak yang tepat membuat pemakai dapat melakukan aktivitas yang sesuai. Tanpa kehadiran perangkat lunak, komputer bisa dikatakan tidak berguna.


  • Masukan (input) berupa data yang dimasukan kedalam sistem komputer. Data dapat berupa angka, teks, citra, atau suara.
  • Pemrosesan (Processing) ditujukan untuk mengolah data menjadi suatu bentuk yang berguna bagi pemakai. Sebagai contoh, Sekumpulan angka diproses menjadi sebuah nilai rata-rata dan citra yang disertai dera ditapis sehingga diperoleh citra yang lebih bersih.
  • Keluaran (output) menyatakan hasil pemrosesan. Dalam hal ini, keluaran dapat dikirim ke monitor, printer, atau peranti keluaran yang lain. Selanjutnya hasil pemrosesan ini dapat dipakai untuk berbagai kepentingan lain, misalnya untuk bahan presentasi atau untuk bahan pengambilan keputusan.

PROGRAM, APLIKASI, PEMROGRAM, DAN PEMROGRAMAN

Di depan telah dijelaskan bahwa perangkat lunak adalah kumpulan instruksi yang ditujukan kepada komputer. Secara lebih spesifik, istilah program dan aplikasi lebih sering disebut. Istilah program biasa digunakan dilingkungan orang yang bekerja dibidang teknologi informasi. Di sisi pemakai, hal seperti itu biasa disebut sebagai aplikasi. Jadi, istilah yang digunakan untuk menyatakan hal yang sama lebih ditentukan oleh masalah persepsi.

Secara lebih khusus, orang yang membuat program dinamakan pemrogram (programer). Tugas pemrogam adalah menulis program, memastikan fungsi program berjalan dengan sesuai dengan yang seharsnya, dan membentuk file yang dapat dijalankan oleh pemakai. Adapun kegiatan yan berhubungan dengan pembuatan program biasa dinamakan pemrograman.

Program dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman, seperti C++, java, atau pyhton. Kode yang digunakan untuk menyusun program biasa disebut kode program atau kode sumber (source kode). Sebagai contoh, berikut adalah kode dalam bahas C++ yang digunakan untuk menampilkan tulisan "selamat belajar";

#include <iostream>
using namespace std;

int main () {
cout << "selamat belajar" << end;
return 0;
}


KOMPILER DAN INTERPRETER

Setelah suatu kode sumber telah ditulis, kode tersebut perlu diterjemahkan kedalam bentuk lain yang dipahami oleh komputer, yaitu berupa basa mesin atau kode biner. Kode biner adalah kode yang menggnakan sederetan angka 0 dan 1. Sesungguhnya, kode seperti itulah yang dikenal oleh komputer,sedangkan kode sumber haya dikenali oleh manusia. Penerjemahan dari kode sumber ke kode mesin dilakukan oleh kompiler atau interpreter.


(a) Proses penerjemahan pada interpreter


(b) Proses penerjemahan pada kompiler

Interpreter menerjemahkan instruksi selama program dipinta untu dieksekusi. Jika seseorang bermaksud menjalankan program tersebut (agar dapat dijaankan oleh komputer), mula-mua kode sumber (source code atau program asli yang ditulis oleh pemrogram) diterjemahkan dulu kedalam bentuk  kode mesin perbaris instruksi. Setelah satu baris instruksi tersebut dipahami oleh komputer, instruksi tersebut dijalankan. Lalu, interpreter kembali memproses baris instuksi berikutnya. Model penerjemahaan seperti ini terdapat di Pyhton dan Perl.

Nah bagaimana sudah mengerti kan tentang apa itu sistem komputer dan seperti apa prosesnya, bila sahabatekno kurang mengerti tentang postingan saya diatas sahabat bisa berkomentar dikolom komentar dibawah, admin akan meresponya dengan cepat. Oke sekian dulu postingan saya tentang pengertian sistem komputer, sampai bertemu lagi dipostingan admin selajutnya.

About Ray

1 komentar:

  1. Oh jadi ini pengertian komputer. Makasih infonya nambah wawasan :D

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.